Selasa, 28 Juli 2009

Siapakan yang pantas dijukuki “The King Of Black Metal” saat ini?

Black Metal, salah satu genre musik cadas yang seringkali menuai kontroversi dari berbagai kalangan. Mulai dari penempilan, ideologi ataupun imej yang melekat pada jenis musik ini. Banyak yang mengatakan Black Metal adalah suatu aliran musik sesat karena cenderung bersifat anti ketuhanan. Akan tetapi sebenarnya bagi saya hal tersebut tidaklah terletak pada musik tersebut, akan tetapi lebih pada person yang bersangkutan. Memang sangatlah menarik sekali untuk membicarakan tentang jenis musik ini.


Terlepas dari segala ideologi ataupun tetek bengek yang melekat pada musik tersebut saya ingin mencermati musiknya itu sendiri dan band yang terlibat didalamnya. Bagi pecinta musik metal tentu tidak asing lagi dengan nama macam Dimmu Borgir, Cradle Of Filth, Immortal, Behemoth, Myhem, Gorgoroth, Marduk, Emperor dan Dissection. Mereka adalah band yang setia mengusung musik Black Metal, walau selain itu masih terdapat banyak lagi band yang memainkan Black Metal.


Ketika ada pertanyaaan siapakah yang terbaik diantara mereka, sangatlah sulit untuk menjawab. Setiap band tersebut memiliki karakter dan cirikhas yang berbeda-beda. Dimmu Borgir saat ini memiliki musik yang terlihat sangat megah, dengan musikalitas yang benar-benar sudah matang. Dalam Sacrilegous Scornnya kita bisa merasakan betapa megah dan mengerikannya musik yang menjajah manusia dalam kerajaan kegelapannya. Pada musik Cradle Of Filth saat ini lebih banyak terkena sebtuhan gothic, walaupun masih mengandalkan tajamnya screan Dani Filth dan musiknyapun masih terdengar menyayat ditelinga. Lain lagi dengan Behemoth, yang menawarkan Black Death dalam musiknya. Hantaman distorsi yang bertubi-tubi dan di jejali vocal yang mengerikan akan membuat kita tak bisa menghela nafas saat mendengarkan musiknya. Band asal swedia Marduk, masih setia dengan musik armynya. Immortal tak pernah meninggalkan kekejamannya dengan paku-pakunya. Gorgoroth, Dissection ataupun band black metal lainnya memiliki khas tersendiri. Dan banyak band tersebut mengilhami band black metal di indonesia. Lantas siapakah yang pantas menyandang gelar “The King Of Black Metal”. Bagi saya Dimmu Borgir adalah band yang pantas mendapatkan gelar tersebut, dimana band asal Norwegia ini masih konsisten berada di jalurnya. Akan tetapi tentu saja penilaian ini bersifat relatif, tergantung dari kesukaan seseorang dalam mendengarkan musik. Lantas bagi anda siapakah The King Of Black Metal.....???



1 komentar:

Unknown mengatakan...

Dimmu Borgir layak wat itu boz....